Orasi Ilmiah Bahrullah Akbar Di Wisuda STIE APRIN Palembang

09/09/2013 – 16:46

DSC_0420

Sabtu, 7 September 2013, Anggota VII BPK RI Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A., diundang dalam acara Wisuda XXVII Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) APRIN Palembang Tahun Akademik 2012-2013. Acara wisuda yang berlangsung di Ballroam Hotel Aryaduta Palembang ini dihadiri oleh Dewan Senat, Guru Besar, Dosen STIE APRIN, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dan orang tua wisudawan.

Dihadapan 135 orang wisudawan Bahrullah Akbar berkesempatan menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Fungsi Pengawasan Dalam Pengelolaan Keuangan Negara Dan Daerah” dihadapan para wisudawan-wisudawati STIE APRIN. Dalam orasinya, dijelaskan bahwa terdapat isu utama dalam fungsi pengawasan pada instansi pemerintah yaitu tentang pengawasan terhadap pengelolaan keuangan negara. Tujuan dari dilaksanakannya pengawasan terhadap keuangan negara adalah untuk menjaga agar pengeloaan anggaran di Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD yang disusun dan ditetapkan secara benar dapat terealisasi tepat guna, selain itu untuk menjaga agar kegiatan pengumpulan penerimaan dan pembelanjaan pengeluaran negara sesuai dengan alokasi  yang telah ditetapkan. Tujuan yang lain yaitu untuk menjaga agar terwujudnya transparansi & akuntabilitas keuangan negara.

DSC_0472 DSC_0497

Setelah menyampaikan orasi ilmiah, Bahrullah Akbar juga mengisi kuliah umum Pasca Sarjana di Universitas Sjakhyakirti Palembang. Dalam paparannya, Beliau menjelaskan tentang tugas dan fungsi BPK RI dalam melakukan pemerikasaan terhadap pengelolaan keuangan negara/daerah.