Dapat Bantuan USAID, BPK RI Rilis 3 Film Pendek

22/01/2014 – 13:46

1390229739Jakarta – Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai nilai dan ketentuan dalam pengelolaan keuangan negara, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) pada Senin (20/1) malam, merilis tiga film pendek yang terinspirasi dari laporan pemeriksaan BPK.

Hadi Purnomo selaku Ketua BPK RI menjelaskan, film ini merupakan media publikasi dan juga edukasi bagi anak-anak muda, agar lebih mengenal BPK RI.

“Film ini tidak komersil, tapi sebagai sarana edukasi dan publikasi untuk anak sekolah dan mahasiswa, sehingga mereka bisa tahu keberadaan, peran, dan kontribusi BPK terhadap perbaikan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara,” kata Hadi, saat gala premier tiga film pendek BPK, di Jakarta, Senin (20/1).

Menurut Hadi, tema yang diangkat dalam film pendek ini terinspirasi dari hasil pemeriksaan BPK atas pelayanan ibadah haji, pengelolaan tenaga kerja Indonesia (TKI), serta Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Ketiga film tersebut masing-masing berjudul Uang Rujak Emak (sutradara Sofyan D Surza), Kertas Si Omas (sutradara Ari Ibnuhajar), serta Cerita Kami (sutradara Chairun Nisa). Para aktor dan aktris yang ikut terlibat antara lain adalah Happy Salma, Mario Irwinsyah, Ida Leman, Astri Nurdin, Lukman Sardi, dan lain-lain.

Proyek film ini, menurut Hadi pula, mendapat bantuan dan dukungan dari United States Agency for International Development (USAID) melalui proyek Strengthening Integrity and Accountability Program yang dikelola oleh konsultan Management System International (MSI).

“Film ini didanai oleh USAID, karena mereka melihat BPK telah mewujudkan transparasi maupun akuntabilitas, walaupun belum sempurna,” ungkapnya.

Hadi menambahkan, BPK berharap bahwa ketiga film pendek ini dapat memberikan gambaran secara singkat, jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat, mengenai peran dan kontribusi BPK terhadap perbaikan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

beritasatu.com