BSB-Pemkot Pagaralam Harus Berbenah

12/07/2014 – 09:45

Palembang – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sumsel memberikan rekomendasi kepada Bank Sumsel Babel (BSB) agar meningkatkan kinerja bisnis dalam hal tata kelola keuangan atau good corporate governance (GCG) dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Kepala BPK Kantor Perwakilan Sumsel, Novy G A Pelenkahu, mengatakan, dari hasil pemeriksaan pihaknya memberikan rekomendasi kepada BSB ntuk melakukan pembenahan. “Selain BSB, rekomendasi juga tertuju kepada Pemkot Pagar Alam,” jelas dia usai menyerahkan hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemkot Pagaralam periode 2013 dan operasional BSB periode Semester I 2013.

“Kredit macet nasabah BSB yang sudah tidak bisa dipenuhi lagi juga ditawarkan untuk didiskusikan dengan BPK. Karena debitur macet misal periode 2005-2006 tetap akan diawasi dan diperiksa,” ungkapnya.

Menurutnya, BSB harus memperkuat SDM dan good governance. “SDM itu landasan terkuat dan harus dipilih selektif dan terus di-maintenance agar terlatih,” ungkapnya. Dicontohkan, pekerja BPK minimal di diklat selama 40 jam. Ini dilakukan untuk melihat kemampuan karyawan. Karena tanpa banyak pelatihan tidak akan mendapat hasil yang baik. Sementara GCG mengatur SOP (standar operasional prosedur) terkait kepatuhan perbankan dalam kebijakan Bank Indonesia (BI).

Untuk Pemkot Pagaralam perlu berkonsultasi setiap bulan khususnya bagian pengelolaan aset tetap dan pencatat neraca akutansi. “Sebab, saat ini tidak sinkron,” ujarnya. Selain itu, pihaknya mengingatkan Pemkot Pagaralam menyerahkan laporan keuangan paling lambat tiga bulan setelah akhir tahun. “Dari hasil pemeriksaan Pemkot Pagaralam mendapat opini predikat wajar dengan pengecualian,” tutupnya.

Komisaris Utama BSB, Yusri, mengatakan kekosongan direksi pada 2013 sangat berat. “Kondisi itu menghambat laju bisnis. Tapi Saat ini operasional sudah mulai berjalan normal. Ke depan kami harapkan benar normal,” tutupnya. Direktur Utama BSB, Muhammad Adil, menambahkan mengenai SDM pihaknya mulai melakukan penertiban, seperti proses seleksi karyawan lebih transparan. “Untuk meningkatkan kualitas SDM, kami juga membikin learning centre di kantor,” tukasnya. (cj9/fad/ce1)

http://www.sumeks.co.id/sumeks/beritautama/ekon/19117-bsb-pemkot-pagaralam-harus-berbenah