UPACARA PERINGATAN HUT KE 68 BPK

22/01/2015 – 17:10

1 - CopyPalembang, 15 Januari 2015 – BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan pada hari Kamis, 15 Januari 2015 pukul 07.30 WIB bertempat di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-68 BPK. Pada upacara yang dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai tersebut, Kepala Perwakilan, I Gede Kastawa bertindak selaku Inspektur Upacara dan selaku Komandan Upacara yaitu Kepala Sekretariat Perwakilan, Astar Lambaga.

Dalam upacara bendera yang berlangsung khidmat ini, inspektur upacara membacakan Pidato Ketua BPK. Dalam pidatonya, Ketua BPK, Harry Azhar Azis menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-68 dimana seiring dengan bertambahnya usia BPK, kita dapat membawa BPK melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu juga disampaikan bahwa pada penghujung tahun 2014 kemarin, berkat capaian kinerja BPK, seluruh pegawai BPK mendapat kenaikan tunjangan khusus pembinaan kegiatan yang dihitung sejak bulan Juli 2014. Sebagai konsekuensi dari kenaikan remunerasi tersebut tentunya kita wajib meningkatkan kinerja kita. Untuk itu, marilah kita tunjukkan rasa tanggung jawab dan disiplin kita agar semangat independensi, integritas, dan profesionalisme dapat kita junjung tinggi dalam rangka pengabdian kita kepada ibu pertiwi.

Dalam lima tahun terakhir (2010 s.d. semester I 2014), BPK menyampaikan sebanyak 201.976 rekomendasi senilai Rp66,17 triliun kepada entitas yang diperiksa. Dari jumlah tersebut, baru sebanyak 50,86% atau 102.719 rekomendasi senilai Rp22,45 triliun yang ditindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi. Sisanya masih dalam proses tindak lanjut dan ada yang belum ditindaklanjuti. Oleh karena itu, BPK harus makin mengintensifkan pemantauan dan pembahasan tindak lanjut.

Dalam beberapa tahun terakhir, laporan keuangan kementerian dan lembaga (LKKL) dan pemerintah daerah (LKPD) sudah semakin banyak yang memperoleh opini WTP. Oleh karena itu, sudah waktunya bagi BPK lebih memprioritaskan pada pemeriksaan kinerja yang difokuskan pada program-program yang berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat. Khususnya yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) Pemerintah tahun 2015-2019. Dengan demikian, selain BPK memberikan penilaian atas laporan keuangan, pada saat yang sama BPK juga memberikan penilaian atas upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Diakhir Pidatonya, Ketua BPK berpesan kepada seluruh jajaran BPK untuk selalu menjunjung tinggi independensi, integritas dan profesionalisme. BPK dapat berdiri tegak karena lembaga ini menjunjung tinggi kredibilitas organisasi dan kepercayaan masyarakat serta tidak boleh menjadi sosok yang berdiri di menara gading, tetapi hasil pemeriksaan BPK harus menyentuh kepentingan masyarakat.

Sebagai wujud rasa syukur segenap insan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan syukuran HUT Ke-68 BPK berupa pemotongan tumpeng oleh Kepala Perwakilan yang dilakukan setelah selesainya Upacara Peringatan HUT Ke-68 BPK tersebut.

Dirgahayu BPK..!!

bpk 378bpk 381 bpk 408bpk 380