Pengembangan Komunitas Unggulan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan

01/08/2015 – 08:47

DSC_1925Badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan kegiatan “Pengembangan Komunitas Unggulan (PKU)” dengan Tema “Pertualangan Mencari Harta Karun” yang diikuti oleh para Pejabat dan Seluruh Pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Sumatera Selatan. Kegiatan ini digagas oleh Biro SDM BPK RI bekerjasama dengan pihak penyedia jasa pengembangan SDM (Outbound Provider) yaitu KUBIK Organizer dan berlangsung dari tanggal 30 s.d 31 Juli 2015 di Hotel Novotel Palembang. Pelepasan  pertualangan ini dilepas langsung oleh Pimpinan BPK Perwakilan Sumatera Selatan, I Gede Kastawa.

Pengembangan Komunitas Unggulan merupakan sebuah sarana untuk menggembangkan upaya Sumber Daya Manusia yang dimiliki BPK Perwakilan Sumatera Selatan sehingga tercapai komunitas unggulan yang mampu memahami dan menerapkan nilai nilai dasar BPK yaitu Integeritas, Independesi dan Profesionalisme.

            Hari pertama peserta diberikan materi tentang Pengenalan tentang Introduction To Adventure, Aplikasi Nilai Integeritas Independensi Profesionalisme (IIP), kegiatan Outdor permainan berupa (Blind Lead, Dragon Balls, Ballon Train, Debrief dan Insight) dan Internalisasi Nilai Integeritas Independensi Profesionalisme (IIP) yang salah satunya berjalan di Jembatan Api .

            Hari Kedua diisi dengan kegiatan full outdor (Tresure Hunt) berupa (Magic carpet, Traffic Crawling, Water Coin, Golden Key, Sponge Bob, Hand Paintball, Candle Guard).  Tantangan terakhir yang harus dihadapi oleh para petualang adalah mencari harta karun. Para petualang dihadapkan pada suatu kondisi bahwa segala rintangan bisa dihadapi jika bersatu seperti halnya peribahasan “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh”. Menyadari akan hal tersebut, para petualang membentuk suatu koalisi untuk menggapai harta karun yang merupakan misi dari petualangan di acara PKU ini.

            Setelah harta karun didapatkan secara simbolis Kubik Organizer menyerahkan harta karun tersebut pada tetua petualangan dalam hal ini Kepal Sekretariat Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan. Harta karun tersebut adalah sebuah pin yang disematkan pada pakaian tiap petualang yang bertuliskan BPK RI dan nilai-nilai dasar di dalamnya. Namun patut kita sadari, harta karun sesungguhnya sebetulnya sudah ditanam pada diri petualang sejak kali pertama memulai petualangan yaitu Independensi, Integritas dan Profesionalisme.

DSC_1524DSC_1567DSC_1658DSC_1669DSC_1703DSC_2195DSC_2752