Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

01/06/2017 – 10:00

Untuk pertama kalinya  dalam sejarah  dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Pada hari ini Kamis 1 Juni 2017 jam 08.00, bertempat di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan,  Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara ini dilaksanakan di Aula dikarenakan keadaan cuaca sedang turun hujan.

Inspektur upacara adalah Maman Abdulrachman, SE, MM selaku Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, diikuti Pejabat Struktural, Fungsional dan Seluruh Pegawai dilingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

Tujuan upacara kali ini yaitu agar meneguhkan komitmen untuk lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilia-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Inspektur upacara menyampaikan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk mengajak peran aktif seluruh bangsa indonesia untuk menjaga Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan.

Selain itu juga Presiden mengingatkan agar senantiasa waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti Pancasila, Anti UUD 1945, Anti NKRI, Anti Bhineka Tunggal Ika. Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia.

Diakhir sambutannya Presiden mengajak untuk menjaga perdamaian, persatuan, dan juga persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan bangsa Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Indonesia, semua Pancasila.

Saya Indonesia, saya Pancasila.