BPK RI Adakan Rangkaian Kegiatan Roadshow

28/06/2010 – 15:45

Biro Humas Luar Negeri BPK RI mengadakan rangkaian kegiatan roadshow di Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan. Roadshow diadakan selama 2 hari yaitu tanggal 20 Mei dan 21 Mei 2010.

     Roadshow BPK berisi kegiatan BPK Goes to Campus, Media Visit, dan BPK Goes to School. BPK Goes to Campus diadakan di Aula Gedung Pasca Sarjana Univesitas Sriwijaya dengan  mengambil tema ”Peran BPK Dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara”.

     Setelah acara BPK Goes to Campus langsung dilanjutkan dengan acara Media Visit yang di media Sumatera Ekspress Group. Seperti diketahui, Sumatera Ekspress Group merupakan media terbesar di Sumatera bagian selatan. Group ini mempunyai lima anak perusahaan media yaitu koran Sumatera Ekspress (Sumeks), Palembang Ekpress, Radar Palembang, Palembang Pos, dan Palembang TV (PAL TV).

     Rangkaian acara roadshow tersebut sejalan dengan visi BPK RI untuk menjadi lembaga pemeriksa keuangan negara yang bebas, mandiri,

dan profesional, serta berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan, dibutuhkan dukungan dan keterlibatan seluruh masyarakat, termasuk kalangan akademisi dan media sebagai pilar perubahan masyarakat.

     Acara ini dimaksudkan sebagai media komunikasi informal antara BPK dengan stakeholders dengan tujuan menciptakan hubungan yang sehat dan elegan antara BPK dengan kalangan akademisi dan media, menjalin dialog yang positif untuk bersama-sama membangun transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, dan menyampaikan informasi mengenai kedudukan, tugas, fungsi, dan peran BPK dalam pemeriksaan keuangan negara.

     Melalui kegiatan ini, diharapkan kalangan akademisi dan media memperoleh pemahaman mengenai tugas, fungsi dan peranan BPK dalam keuangan negara sehingga dapat bersama-sama mengawal pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan BPK dapat memperoleh masukan-masukan berharga dari kalangan akademisi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya agar lebih optimal.

     Kegiatan roadshow ini diselenggarakan dalam bentuk diskusi panel dengan pembicara Anggota BPK dan Pejabat Eselon I BPK, serta dipandu oleh seorang Moderator.