Kuntoro: UKP4 Tak Ranking Menteri

22/10/2010 – 12:26

BOGOR, KOMPAS.com – Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, pihaknya tidak melakukan pemeringkatan atas kinerja menteri yang dievaluasi lembaganya. Oleh karena itu, ia menolak menjawab saat ditanya wartawan, kementerian mana yang berkinerja terbaik dan terburuk.

“UKP4 sama sekali tidak melakukan ranking atau rating dari kementerian. Kalau UKP4 ditanya mana yang paling baik dan mana yang paling tidak naik maka UKP4 tidak punya informasi soal itu,” kata Kuntoro, seusai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/10/2010).

Menurut Kuntoro, evaluasi UKP4 menjadi penilaian atas kinerja para menteri.

Terpisah, Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh enggan menanggapi wacana perombakan kabinet.

“Saya tidak terlalu tertarik membahas itu (reshuffle). Pribadi saya, tugas itu amanah dan kita ditugaskan tidak mencari tapi dipilih. Kalau dipandang baik untuk bangsa diteruskan. Kalau tidak, ya direlokasi,” katanya.

Dikatakan Darwin, relokasi posisi sudah biasa ia alami. Apakah ia dinilai berkinerja baik atau tidak, Darwin menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Tidak perlu dirisaukan soal itu. Presiden yang punya wewenang,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

(Kompas)